Senin, 25 Juli 2011

Nelayan VS Pemburu

Seorang nelayan akan pergi ke lautan dengan persiapan yang sudah lengkap. Kapal dengan bahan bakar yang terisi penuh, umpan terbaik untuk para ikan dan juga jala-jala yang siap dilepaskan ke lautan untuk menangkap para ikan. Biasanya nelayan akan berlayar dulu ke bagian tengah lalu baru mulai menebar jalanya, sesekali nelayan akan menggunakan umpan yang telah disiapkannya. Jala yang dilempar cukup besar supaya ikan yang terjaring di dalamnya relatif banyak. Nelayan tidak terlalu ambil pusing mengenai jenis ikan yang akan tertangkap di jalanya. Terkadang hanya terdiri dari satu jenis ikan, tapi tidak menutup kemungkinan kalau jenis ikan lain pun ada yang ikut terperangkap. Yang penting bagi para nelayan, dia tidak pulang dengan tangan kosong, jala yang dilemparkan ke dalam laut telah berhasil menangkap ikan, berapapun jumlahnya.

Seorang pemburu juga memiliki persiapan yang matang sebelum memasuki daerah hutan untuk menangkap buruannya. Senjata yang bagus dan segala perlengkapan tambahan lain pasti sudah ada di dalam tasnya. Sedikit berbeda dengan nelayan, pemburu pasti sudah memastikan dengan jelas, jenis hewan apa yang ingin diburunya. Apakah seekor rusa yang cantik atau seekor macan yang sangar. Sebelumnya, pemburu pun sudah lebih lama mengamati perilaku hewan buruannya. Apa yang bisa menjadi umpan terbaik untuk hewan tersebut, bagaimana pola hidup hewan tersebut dan yang lainnya. Jadi, begitu sampai di hutan, pemburu ini akan fokus terhadap satu hewan buruannya. Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, pemburu akan dengan sabar dan berusaha keras untuk menangkap buruannya. Jika gagal ,baru lah pemburu akan kembali mengatur strategi untuk mendapatkan hewan buruan sasarannya. Kegigihan dan kesabaran sangat khas dimiliki para pemburu. Yang penting bagi para pemburu adalah keluar dari hutan dengan membawa hewan buruan yang sesuai sasarannya.

Which one do you like?
I like the second one.

2 komentar:

Rahmi Aulina mengatakan...

Kalo pemancing yang kayang gimana tuh modelnya? :p

Aristyani DR mengatakan...

Pemancing itu agak pertengahan... Dia punya sasaran kaya pemburu, tapi banyak kemungkinan umpannya dimakan ikan lain, bukan ikan sasarannya.. Dan ikan yang salah tangkap itu akan tetap ditarik ke atas permukaan laut baru kemudian dilepaskan,, gitu mi,,, hehehehe.... *pendapat saya lho yaaa... :)