Sabtu, 29 Oktober 2011

Aku, Transjakarta dan Depok

Tulisan ini kubuat di tahun 2009 dengan sedikit pengeditan...

Depok adalah sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Kota yang cukup jauh dari rumahku, Tangerang, Banten. Jadi, kalau aku mau ke Depok berarti aku akan menyebrangi propinsi Jakarta terlebih dahulu. Setelah kurang lebih 2 tahun berkuliah di FKG UI Salemba, aku sudah mengetahui banyak cara untuk pergi ke depok.

Berangkat dari kampus :
1.Ikut mobil teman, paling mudah dan murah, hehe..
2.Naik kereta dari cikini atau manggarai, bisa AC ekonomi, ekonomi atau ekspress, tergantung uang, waktu dan luck.

Berangkat dari rumah :
1. Diantar supir, paling nyaman ( maklum belum lancar membawa mobil sendiri ), kira-kira 1,5 jam, lewat jalan tol.
2. Naik Bus Deborah , bus kota jurusan depok kalideres ( cara yang diajarkan kakak ). Rutenya adalah Rumah - kalideres naik angkot - Depok. Tapi karena bus ini jalannya sangat lama kalo belum penuh, jadi memakan waktu kurang lebih 3 jam.
3. Naik Transjakarta busway ( cara terbaru yang aku cari sendiri ). Rutenya Rumah - Kalideres naik angkot - lebak bulus naik busway - depok naik deborah kecil jurusan lebak bulus-depok. Kalau yang ini, kira-kira waktunya 2,5 jam.

Pulang dari depok :
1. Naik Bus Deborah dari margonda sampe kalideres, dilanjutkan dengan angkot kira-kira 3 jam.
2. Naik damri dari ps. minggu yang dilanjutkan dengan naik ojek, kira-kira 1,5-2 jam.

Akhirnya, demi kenyamanan dan efisiensi waktu, aku paling sering berangkat naik transjakarta busway dan pulang naik damri.

Tibalah waktunya , aku harus pergi ke Depok untuk menghadiri sebuah acara. Pagi-pagi, angkot yang aku naiki ke kalideres terhambat karena ada pengecoran jalan, ya, perjalanan yang harusnya 25 menit menjadi 45 menit. Wah, kemungkinan telat nih. Lanjutlah aku menaiki Transjakarta busway dari Halte Kalideres. Saat menunggu, tiba-tiba datanglah busway dengan jurusan pulogadung - kalideres ( jurusan ini termasuk jarang sekali ) dengan kondisi yang kosong dan aku dapat tempat duduk. Beruntung sekali, padahal aku cuma naik sampai halte indosiar. Rencananya, aku akan transit di halte indosiar lalu ganti busway ke lebak bulus..

KALIDERES - INDOSIAR - LEBAK BULUS

Tibalah aku di halte indosiar. Setelah aku turun dari busway, aku berniat mengantri untuk jurusan ke lebak bulus, namun ternyata ada sebuah kertas yang ditempel di depan pintu kaca bertuliskan 'JURUSAN LEBAK BULUS, TRANSIT DI GROGOL 2,TRIMS '

Ha???

Jadi, aku salah turun dan harus naik lagi busway yang lewat grogol 2. Kira-kira seperti inilah gambaran lokasi halte grogol 1 dan grogol 2. :
1. Grogol 1 letaknya di jalanan menuju roxy, di samping kampus Trisakti , dilewati oleh busway tujuan harmoni dan tujuan pulogadung yang bertuliskan "via roxy". Dari Jelambar, tinggal lurus.
2. Sedangkan Grogol 2, letaknya di jalanan menuju Taman Anggrek, di depan Mal Ciputra, hanya dilewati oleh busway tujuan pulogadung saja. Dari Jelambar, belok kanan.

Akhirnya, aku menunggu busway yang akan melewati grogol 2. Sudah 20 menit menunggu, Busway itu tidak kunjung datang, yang ada hanya busway yang ke arah harmoni dan yang lewat grogol 1 saja. Akhirnya, datanglah busway yang seharusnya melewati grogol2, kenapa seharusnya? karena tiba-tiba saat aku masuk bis dan bertanya

Aku : ' mas, ini lewat grorol 2 kan?'
Petugas busway itu menjawab : ' waduh mba, kalau sabtu minggu memang tidak ada yang lewat grorol2, jadi semuanya lewat grogol1, kalo mba mau ke lebak bulus, turun aja di grogol 1 trus jalan ke halte grogol2 lewat jembatan penyebrangan '

Ya Allahu robbii...

Jadi, selama 20 menit, aku menunggu bis yang tidak ada, sedih, akhirnya aku pun turun di grorol1 dan berjalan menuju grogol2 melewati jembatan. Sesampainya di grogol2, penantian masih berlanjut, karena busway jurusan lebak bulus ini pun termasuk masih sedikit jumlahnya. Kira-kira 15 menit menunggu, akhirnya bis datang juga. Penuh! jadi terpaksa berdiri.

1. KALIDERES - 2. GROGOL2 - 3. LEBAK BULUS
Perjalanan cukup jauh, karena dari grogol ke lebak bulus akan melewati Jalan Panjang dan Arteri Pondok Indah. Setelah sekian lama berdiri, akhirnya aku mendapat tempat duduk ketika bis berada di daerah pondok indah, ya, lumayan. Akhirnya tiba di halte pondok indah , tempat aku turun dan melanjutkan dengan bus kecil deborah jurusan lebakbulus – depok.

Tapi, lagi-lagi, begitu aku akan turun dari bis, aku melihat ke jalanan lebak bulus , bus deborah yang akan aku naiki baru saja jalan. Ini berarti, aku telat beberapa menit. Ya, bus deborah ini memang sedikit, jadi hanya datang setiap 15 menit sekali. Selain itu, kondisinya juga terkadang penuh sesak, sampai-sampai, aku pernah berada di dalamn bus deborah itu dengan hanya 1 kaki di atas tanah dan tidak berpegangan kepada apapun sambil berdiri dihimpit 6 orang di deket pintu yang berhasil membuatku sesak napas. Pengalaman.

Akhirnya, aku harus menunggu lagi 15 menit, hingga deborah yang selanjutnya datang. Alhamdulillah, tidak ramai dan aku masih mendapat tempat duduk. Perjalanan dilanjutkan sampai Detos karena aku akan masuk UI melewati gang senggol. Dan setelah kulihat jam..

Waw, rekor! Aku ke depok dengan angkutan umum selama 3 jam 45 menit !!

Perjalanan yang mengajarkan kesabaran, dan hikmah lainnya. Semoga tidak sia-sia, Aamin.
Ya Allah, setiap langkahku keluar rumah, tidak lain hanya untuk menggapai ridhoMu. Berikan aku kesabaran dan keikhlasan dalan menjalani semuanya, Aamiin...

Tidak ada komentar: