Sabtu, 05 Februari 2011

Graduation is just the beginning

WISUDA...

Sebuah proses yang mengantarkan banyak mahasiswa menuju gerbang baru dalam kehidupannya. Dari seorang mahasiswa menjadi sarjana. Pelantikan yang diberikan oleh pimpinan kampus telah memberikan amanah dan tanggung jawab baru bagi para sarjana dalam fase kehidupan selanjutnya. Dengan gelar sarjana yang telah disematkan, pemikiran dan segala tingkah laku wisudawan pun diharuskan menjadi lebih dewasa.

Bagi para mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, wisuda untuk meraih gelar S1 sering dikatakan sebagai wisuda semu, karena kami masih harus melanjutkan proses pembelajaran baru untuk meraih gelar dokter gigi. Sabtu kemarin kami diwisuda, Senin besok kami sudah kembali ke kampus dengan status baru sebagai koas, dengan memakai atribut baru dan juga tanggung jawab baru sebagai dokter gigi muda.

Awalnya, aku pun menganggap bahwa wisuda S1 ini benar-benar wisuda semu, karena ini bukanlah akhir dari pertemuanku dengan teman-teman di kampus, bukan juga akhir dari masa belajarku di kampus. Namun, setelah kemarin aku merasakan sendiri upacara wisuda itu dengan sekhidmat mungkin, tanpa terasa pikiranku dibawa pada pemikiran serius oleh alunan lagu-lagu khas wisuda ( Hymne UI, gaudeamus, dll )

Aku semakin bersyukur kepada Sang Maha Kuasa atas segala rahmat dan berkahNya sehingga aku dan teman-teman dapat menyelesaikan fase pertama dalam pencapaian cita-cita kami. Suasana khidmat itu membawaku kembali pada masa-masa kuliahku dulu dan mengingatkanku bahwa status sarjana yang kumiliki sekarang benar-benar harus kupertanggungjawabkan dengan baik. Walaupun kami belum terjun secara mandiri ke masyarakat, tapi bagi masyarakat umum, kami adalah dokter gigi muda yang harus bisa memenuhi kebutuhan mereka, dan harus bisa membantu mereka untuk menghilangkan rasa sakit yang dideritanya.

Kita sudah sarjana kawan, tidak ada lagi perilaku anak-anak yang masih bertengger dalam diri. Kita sudah sarjana kawan, Indonesia sudah menunggu pelayanan terbaik dari kita.
Kita sudah sarjana kawan, semangat kita harus terus terpacu untuk mencapai tujuan akhir kita
Kita sudah sarjana rekan-rekan 2007 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia
Semangat!!

Semoga semua masalah yang ada sebelum kita memasuki klinik tidak akan membuat semangat kita menjadi turun tapi malah meningkatkan tekad kita untuk dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. Semangat 2007! Saat kita bersama-sama menghadapi semuanya, kita pasti bisa..
Buatlah orangtua kita semakin bangga pada wisuda 1,5 tahun lagi dengan gelar dokter gigi yang berhasil kita capai.. Amin...

I love you full, 2007!!

3 komentar:

Unknown mengatakan...

iya ris, ternyata pas wisuda benerannya bikin terharu juga ya T_T
terharu banget gw denger lagu terima kasih cinta

yossh,, mari kita lanjutkan perjalanan menuju drg!

Rahmi Aulina mengatakan...

Alhamdulillah.. hehehe iya gw kemaren kurang khidmat sih, abis duduk di belakang *alesan*

hehe, tapi gw beneran terharu pas disuruh cari orang tua trus tepuk tangan ituu, walaupun ga ketemu juga ortu gw duduk dimana.. hehehe...

gw udah sarjana ya? ga kerasa, besok masih ngampus sih.. semangaaatt! :):)

Aristyani DR mengatakan...

@ riju : iya ju,,, hatiku bekaca-kaca.. hehehe...

@ amiy : iya banget miy, suka tertampar klo inget udah sarjana, padahal kelakuan masih begini...hehe,,
*hatiku juga berkaca-kaca pas suruh cari orangtua... alhamdulillah g ketemu, klo ketemu pasti tumpah,,,