Selasa, 22 Februari 2011

Pria vs Wanita

Allah menciptakan pria dan wanita untuk saling melengkapi. Menurut ilmu yang pernah saya dapatkan dari seorang guru, ada 4 ciri khas yang sering ditemukan menjadi pembeda antara pria dan wanita selain dari ciri khas fisik yang nampak oleh mata.

1. Kemampuan spasial pria lebih baik dibandingkan wanita. Hal ini bisa dibuktikan dengan sulitnya para wanita untuk membaca peta, menghafal jalan, atau menentukan bentuk dari suatu benda, apakah kotak, persegi panjang atau segilima. Sedangkan pria akan lebih mudah untuk menentukan jalan mana yang akan dipilih untuk dilalui.

2. Wanita lebih kuat merekam memori dibandingkan pria, apalagi memori yang buruk. Bagi wanita, suatu kesalahan mungkin bisa dimaafkan tapi tidak untuk dilupakan. Wanita menyimpan memori buruk secara terpisah, berbeda dengan pria yang lebih mudah melupakan kesalahan yang sudah dimaafkannya. Oleh karena itu, wanita lebih sering mengingat lagi permasalahan yang sudah berlalu karena sulit bagi wanita untuk menghapus memori buruk secara keseluruhan.

3. Sudut pandang wanita lebih besar dibandingkan pria. Bisa dikatakan, sudut pandang wanita sebesar 180 derajat, sedangkan pria tidak. Oleh karena itu, terkadang pria kesulitan untuk mencari barang di dalam sebuah lemari atau meja, sedangkan wanita akan lebih mudah menemukannya. Dan, pria lebih sering melirik / menengok untuk melihat sesuatu di sampingnya. Sedangkan bagi wanita, tanpa melirik / menengok pun, wanita sudah dapat melihat benda yang ada di sampingnya.

4. Wanita lebih 'multitasking' dalam bekerja, dibandingkan pria. Wanita bisa menonton televisi sambil memasak, atau mendengarkan orang berbicara sambil menulis. Sedangkan pria akan kesulitan untuk melakukan hal seperti itu.

Perbedaan ini tidak mutlak ada pada setiap pria maupun wanita. Ada beberapa wanita dan pria yang tidak sesuai dengan keterangan saya di atas. Karena memang setiap manusia itu unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Subhanallah.. Itulah kekuasaan Sang Maha Kuasa.

Dari pemaparan saya di atas, dapat dipahami, mengapa wanita memiliki tugas untuk mengurus rumah tangga dengan pekerjaan yang begitu banyak sedangkan pria memiliki tugas sebagai pemimpin yang akan menunjukkan jalan dari bahtera rumah tangga tersebut.

Setelah mengetahui perbedaan itu, maka siapkanlah diri kita masing-masing untuk dapat memahami karakter setiap orang karena kita akan selalu hidup berdampingan. Pria dan Wanita.


*thanks to mas Arief Munandar atas ilmunya

2 komentar:

Rahmi Aulina mengatakan...

nomer dua membuat saya tersindir, dan setiap pemaparan lo entah kenapa rasanya paaasss bgt sama gw.. hehehe :D

Aristyani DR mengatakan...

wah, tidak bermaksud lho miy... saya pun merasa pas dengan pemaparan yang ini,, hanya berbagi ilmu yang juga didapatkan dari orang lain... :)