Sabtu, 01 Januari 2011

Goodbye 2010 !!!

Begitu banyak pengalaman yang singgah dalam kehidupanku di tahun 2010, mulai dari kompetisi Mapres, Pelatihan ILDP, kepanitiaan KERSOS, Penyusunan skripsiku untuk mendapatkan gelar sarjana, dan beberapa peristiwa lain yang cukup mengubah pemikiranku dan membuatku lebih siap berada pada usia 21 tahun.
Allah Mengetahui Yang Terbaik untuk HambaNya
Berawal dari Kompetisi Mapres yang telah memberikanku hadiah sebagai juara 2. Aku sungguh bersyukur atas segalanya, walaupun mungkin ada sedikit rasa kecewa karena tidak bisa mendapat peringkat yang didapatkan kakakku. Namun , aku menyadari bahwa Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu yang terbaik bagi hambanya dan betapa besar kuasaNya dalam mengatur kehidupanku. Hari itu juga, aku mendapatkan tawaran untuk menjadi salah satu BPH di KERSOS (Acara baksos besar 2 tahunan), tepatnya di bagian acara. Awalnya aku ragu, namun setelah kupikirkan lagi, inilah kesempatanku untuk bisa memberikan manfaat kepada orang lain secara langsung. Dan, dengan posisiku sebagai juara 2, maka aku tidak akan terlalu sibuk mengurus kompetisi Universitas dan dapat dengan fokus memikirkan konsep acara KERSOS yang terbaik. Mungkin, inilah keputusan terbaikNya atasku.
Berlanjut dengan bidang skripsi yang kudapatkan pembagiannya dari fakultas. Sejak awal, aku ingin sekali mencoba hal-hal yang berkaitan dengan penelitian laboratorium karena menurutku hanya disitulah , aku bisa merasakan menjadi peneliti yang seutuhnya. Oleh karena itu, aku ingin sekali mendapatkan bagian penulisan skripsi di Oral Biologi. Namun, Allah memiliki kehendak yang lain, aku dipilhkan bidang yang klinis yaitu Prostodonsia. Jujur, awalnya aku sedikit bingung dengan penelitian dalam bidang ini karena menurutku beberapa penelitian yang sudah ada sebelumnya agak sedikit abstrak dibandingkan dengan penelitian laboratorik. Hal ini cukup membuatku kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas akhir ini. Namun, kembali lagi, Allah menyadarkanku bahwa inilah yang terbaik. Sebenarnya, dari sekian banyak bidang di kedokteran gigi, aku memiliki ketertarikan dalam bidang ini, bahkan aku ingin mengambil Spesialis Prostodonsia suatu ketika nanti. Dan, karena penulisan skripsi inilah, aku menjadi semakin mengenal bidang ini dan semakin ingin menekuninya . Selain itu, aku juga memiliki hubungan yang cukup baik dengan dosen-dosen di bidang ini. Alhamdulillah, inilah yang terbaik untukku dariNya..
Indonesiaku sangat indah dan luar biasa
Mengikuti pelatihan ILDP ( Indonesian Leadership Development Program ), yaitu pelatihan untuk kumpulan juara 1-3 Mapres UI , membuatku mengenali lagi kondisi bangsa ini ( Korupsi, Pendidikan, Kemiskinan, dll ) , juga mengenal beberapa tokoh besar dalam bangsa ini ( Mahfud MD, Anis Baswedan, dll ) dan semakin menguatkan keinginanku untuk berbuat lebih bagi Indonesiaku yang luar biasa. Semoga Allah memperkenankannya. Amin...
Rekan-rekan ILDP, terimakasih atas segalanya..
Selain itu, menjalani kepanitian KERSOS , yang tahun ini bertempat di Maluku Utara, membuatku lagi-lagi semakin mencintai negeri ini. Posisiku sebagai kepala bidang acara mengijinkanku untuk tinggal di Maluku Utara selama 2 minggu ditambah 1 minggu saat survey. Disitulah aku mengenal budaya Maluku Utara, keramahan orang-orangnya dan tentu keindahan alamnya. Segala sesuatu yang kualami selama KERSOS ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagiku.
Rekan-rekan panitia KERSOS
Di penghujung tahun, fenomena sepakbola piala AFF pun tiba-tiba meningkatkan lagi semangat nasionalismeku . Terlebih lagi, ketika melihat dan menyadari bahwa rakyat Indonesia bisa sedemikian bersatunya karena sebuah olahraga rakyat, Sepakbola. Warna Merah yang selalu mewarnai stadion Gelora Bung Karno, menyadarkanku akan potensi bangsa ini untuk bersatu dan menunjukkan nasionalismenya dengan sepenuh hati. Inilah Indonesiaku, garuda di dadaku.
Angkatan 2007, I Love you
Ditahun ini, angkatanku memulai fase akhir dalam kuliah teori, yaitu penyusunan skripsi. Bersama-sama saling menyemangati dan membantu dalam penyusunan skripsi ini membuatku semakin menyayangi angkatan 2007 FKG UI. Kebersamaan selama 3,5 tahun diantara 75 orang ternyata telah membuatku bertahan hingga akhirnya tugas akhirpun dapat kuselesaikan. Di tahun inilah, kebersamaan itu semakin terlihat. Terima kasih rekan2 tercinta..
Terlalu banyak memori yang kualami di tahun 2010, kehilangan sesuatu, mendapatkan sesuatu, belajar untuk lebih dewasa, dan lebih mengenal arti cinta. Alhamdulillah, Allah telah mengijinkanku untuk mengalami segalanya ditahun 2010. Semoga semua yang telah terlewati dapat memberikan banyak pelajaran bagiku kelak dan semoga Allah masih mengijinkan ku untuk terus belajar dalam hidup ini dan terus berjuang demi ibadah kepadaNya di tahun 2011. Amin..
*quote of the year : Jika ada keinginan , maka akan ada jalan, usahakan dengan baik.. Semangat!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

S E M A N G A T