Senin, 03 Oktober 2011

hello unperfect world

Ketika kau berlaku baik maka kau pun akan mendapatkan balasan yang baik.
Ketika kau merasa bahwa kau benar, maka janganlah takut untuk mempertahankan prinsipmu.
Katakan yang salah adalah salah, katakan yang benar adalah benar.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan kalimat-kalimat idealis di atas. Hanya saja, dunia ini memang tidak sempurna. Itulah kata-kata yang diucapkan senior di kampusku yang membuatku merenungkan segalanya.

Untuk beberapa alasan, terkadang kau harus memilih untuk diam sesaat dibandingkan mengatakan prinsipmu dengan lantang. Bukan pengecut, hanya saja, kau harus lebih pintar mengatakannya. Jangan sampai, prinsipmu yang benar itu membuatmu terjatuh dan tidak bisa lagi memperjuangkannya. Berpikir sebelum bertindak benar-benar harus diterapkan. Insya Allah, akan ada waktu dan cara yang tepat bagimu untuk mengatakan prinsipmu dengan lantang. Layaknya strategi perang, mundur untuk mengatur strategi demi kemenangan esok hari.

Untuk beberapa kondisi, perlakuan baikmu mungkin tidak berbalik baik kepadamu. Ketulusan dan keikhlasanmu dalam bekerja mungkin tidak berbuah manis. Tapi, itulah ikhlas. SSeberapa besar kebaikan yang kau berikan, tak akan kau bandingkan dengan seberapa besar keburukan yang kau dapatkan.

Dunia ini tidak hanya dihuni oleh orang-orang dengan pemikiran dan sikap yang sama. Ada yang memiliki kekuasaan, ada yang mengemis kekuasaan dan ada juga yang menyalahgunakan kekuasaan. Satu sama lain saling berhubungan dan ketika kau sudah berada di dalamnya, maka bukalah mata dan hatimu, perhatikan sekitarmu, dan pahamilah bahwa dunia memang tidak sempurna.

Kebaikan dibalas kebaikan hanya berlaku dalam hukum Sang Maha Kuasa. Maka, teruslah berharap kepadaNya, teruslah mendekatkan diri kepadaNya, agar kita siap mengahadapi setiap ketidaksempurnaan yang ada di dunia ini.

*dedicated to my Excellentgroup

Tidak ada komentar: