Selasa, 13 September 2011

Life & Trouble

Hidup tanpa masalah bagaikan sayur tanpa garam. Kehidupan manusia memang akan terus diiringi dengan masalah. Pada dasarnya masalah adalah ketidaksesuaian harapan dengan kenyataan yang ada , tentu saja dalam kehidupan seorang manusia, harapan yang ada di dalam dirinya tidak selalu bisa berubah menjadi kenyataan karena segalanya tergantung kehendak Sang Maha Penguasa.

Namun, Allah Sang Maha Pengasih telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat terakhir yang menyatakan bahwa Allah tidak akan membebani seseorang kecuali dengan kesanggupannya. Subhanallah. Begitu Maha Pengasihnya Allah.

Lihatlah kondisi negara kita saat ini. Negara yang sangat kaya akan sumber daya alam dan budaya, kini pun telah menjadi negara yang kaya dengan masalah. Mulai dari persoalan politik, kepemimpinan, pendidikan, keagamaan, kesejahteraan, hukum, bahkan sampai kepada permasalahan olahraga, negara kita memiliki semuanya.

Negara ini memang sangat besar dengan jumlah penduduk yang juga tidak sedikit, dengan ragam budaya yang begitu berlimpah. Syukurku atas segala karunia Allah atas indahnya negara ini. Menurutku, seseorang yang merelakan dirinya untuk memimpin negara sebesar ini adalah orang yang cukup berani dan cukup hebat. Apalagi melihat banyaknya juga masalah yang hadir di negeri ini.

Aku teringat perkataan pembina asramaku di Insan Cendekia dulu, beliau mengatakan "Orang yang besar akan memiliki masalah yang besar juga". Itu karena Allah Maha Adil. Seorang guru panutanku, Bapak Alm. Zulhiswan juga pernah mengatakan bahwa "Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang tangguh". Perkataan guru-guruku inilah yang akhirnya membuatku yakin bahwa negeriku adalah negeri yang besar, negeri yang luar biasa, negeri yang hebat.

Begitupula, jika dikaitkan dengan firman Allah di ayat terakhir Al- Baqarah, Allah tidak akan membebani negeri ini dengan permasalahan yang tidak dapat diatasi oleh negeri ini sendiri. Aku yakin, waktu itu akan datang, waktu kemenangan kita.

Bersyukurlah atas segala karunia yang diberikannya baik berupa hal yang menyenangkan maupun yang berupa masalah, karena masalah itulah yang akan menjadikan kita lebih baik lagi dan yakinlah masalah itu akan dapat diselesaikan karena Allah Maha Pengasih kepada ciptaanNya. Semangat Indonesiaku, Semangat negeriku! Doaku selalu menyertaimu..





3 komentar:

Rahmi Aulina mengatakan...

Uwooow ayat terakhir Al Baqarah itu salah satu ayat terpaporit eykeeh! Hehehe.. Laa yukallifullahu nafsan illa wus aha.. *gimana nih nulis latin yg bener nya?
Semangat monaaahh! *loh *kokjadinyemangatinente :D

Aristyani DR mengatakan...

Iya mi, aye juga demen banget ama ayat ini.. Selalu menjadi mood booster dan mengingatkan betapa Maha Pengasihnya Allah.. Mari kita sama2 semangat menghadapi
apapun masalah dalam kehidupan kita... Hehehe.. *lagaknya kaya udh tua aja ni gw... :p

faradinaputri mengatakan...

life is never flat! *berasa iklan*