Minggu, 03 Januari 2010

2009! GREAT YEAR

Seperti yang diminta oleh kawanku tersayang untuk membuat review di tahun 2009.. Finally, today I try to write it all down..

2009..
It's a great year for me...
In this year, I had so many precious experiences..

Dimulai dengan menginjaknya kehidupanku pada lembaran baru berjudul 20 tahun, usia yang menuntutku untuk tidak hanya menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya namun menjadi seseorang yang sudah memahami arti kehidupan sehingga kata dewasa sudah pantas disandangkan di bahuku...
Seiring berjalannya waktu, pelajaran demi pelajaran telah Dia berikan untukku. Banyak sekali hal yang membuatku merasakan semua perasaan yang ada di dunia ini. Sedih, bahagia, bangga, haru, menyesal, marah, dan bahkan banyak rasa yang tak mampu aku gambarkan dengan kata-kata.

Aku belajar mengenai arti keluarga, karena di tahun ini, orangtuaku tercinta merayakan ulangtahun perkawinannya yang ke 25, dari peristiwa ini, aku semakin mengenal keluargaku dan semakin mencintainya.. Selain itu, keluarga keduaku ( angkatan X Insan Cendekia ) pun telah menunjukkan padaku, bahwa persaudaraan yang telah dirintis sejak tahun 2004, memang bukanlah sebuah persaudaraan almamater yang biasa, karena mereka selalu ada disaat ada yang membutuhkan, mereka selalu merasa bahagia jika ada yang mendapatkan anugerah, mereka selalu merasa khawatir ketika ada yang mulai pergi dari jalanNya, dan mereka selalu menebar tawa dalam tiap kesedihan yang pernah mendatangi salah satu saudaranya.

Pelajaranku bertambah dalam kosakata persahabatan, membuat kata ini semakin berarti dengan berbagai kejadian yang aku alami. Sahabat adalah orang terdekatmu yang pasti mengetahui bagaimana karakter dirimu, memahami semua masalahmu walaupun mungkin keluargamu tidak mengetahuinya, menenangkanmu saat kamu terjebak dalam amarah, menamparmu ketika matamu tertutup dari kebenaran dan mungkin pernah membuatmu marah karena sedikit kesalahan yang dia lakukan dalam menunjukkan rasa sayangnya kepadamu.

Kehidupan pun tak ingin meninggalkan 2009 tanpa memberikanku pelajaran. Amanah yang datang selalu diiringi dengan tanggung jawab, yang membuatku harus menjadi manusia yang sabar dalam menghadapi cacian, hujatan dan masalah lain yang mungkin bisa memecahkan kepalamu jika kamu terus menerus memikirkannya. Aku pun harus menjadi manusia yang selalu bersyukur atas segala ujian yang diberikan olehNya karena dengan ujian itu, maka aku memiliki kesempatan untuk bisa naik ke level selanjutnya. Ikhlas harus selalu ada dalam hatiku karena dengannya aku bisa melenggang dengan mudah dalam kesulitan tangung jawab yang aku emban. Tugas yang seharusnya aku lakukan sebagai seorang manusia semakin menguatkanku dalam melangkah menggapai ridhaNya, walaupun mungkin di tahun ini, airmataku telah jatuh kesekian kalinya untuk mengingatkanku betapa lemahnya diri ini dibandingkan Kebesaran yang dimilikiNya.

Usia 20 tahun pun membuatku semakin dekat dengan kata itu. Sebuah kata yang membuat hati ini bergetar ketika mengingatnya. Perjalananku di 2009 membuatku banyak belajar mengenai itu. Seperti apakah kata itu akan terealisasikan dalam hidupku? Bagaimanakah caraku menggapainya? Lalu siapakah yang akan berada di sampingku saat itu? Semuanya kupelajari di tahun ini, walaupun mungkin telah begitu banyak kesalahan yang kulakukan, namun aku tidak sama sekali menyesali langkah yang telah kulewati karena dengan begitu, aku menjadi sadar dan paham akan segalanya.

Untuk diriku sendiri, aku sudah mulai menata dan merencanakan hidupku dengan lebih baik lagi di tahun 2009. Walaupun, masih ada beberapa hal yang belum bisa kuraih. Semoga saja, dengan rahmat dan berkahNya, Allah akan memberikanku waktu untuk bisa memperbaiki diri lagi di tahun 2010 dan selanjutnya. amin...

Last, mungkin kata-kata ini tidak cukup untuk menggambarkan bahwa 2009 telah menorehkan begitu banyak catatan dalam hidupku. Namun, setidaknya aku telah mencoba untuk menuangkan semua yang ada dalam ingatanku...

So, Thank You 2009, and Insya Allah, I'm ready for 2010...
Ya Allah, berikanlah kepadaku kekuatan dalam menjalani hidupku nanti dan ijinkanlah aku untuk bisa menjadi seorang muslimah yang semakin hari semakin mencintaiMu dan mampu berubah menjadi muslimah yang lebih baik lagi.. amin..

*here it is, my review of 2009...

Tidak ada komentar: