Senin, 08 Desember 2014

a letter to my son

To : My lovely son 

Anakku yang tercinta, setelah mengalami keguguran di bulan Desember 2013 lalu dan menunda kehamilan selama 3 bulan, Alhamdulillah, Allah kembali memberikan kepercayaan kepada Ibu untuk bisa mengandung yang kedua kalinya, yaitu mengandung dirimu, nak. Begitu bahagianya perasaan Ibu dan Abimu saat menemukan dua garis di alat tes kehamilan itu. Tanpa menunggu lama, kami pun langsung ke dokter untuk memastikan kondisimu. Alhamdulillah, gambaran kantung kecil yang terlihat di layar USG saat usiamu baru mencapai 5 minggu itu benar-benar membuat kami merasa bersyukur.  Insya Allah, kami akan semakin berhati-hati menjaga kehamilan ini sampai sembilan bulan ke depan, sayang. Bismillah.

Sejak pulang dari dokter, Ibu pun langsung berusaha untuk menerapkan beberapa tips kehamilan sehat yang sudah pernah Ibu dapatkan sejak kehamilan pertama dulu, seperti mengatur pola makan, pola istirahat, pola aktivitas dan yang lainnya. Ya, ini adalah salah satu usaha Ibu untuk menjaga kondisimu. Ibu tidak ingin kembali mengalami kehilangan, nak. Berbeda dengan kehamilan pertama yang hanya berlangsung beberapa hari, di saat mengandungmu kini, Ibu mulai merasakan beberapa gejala khas trimester pertama. Mual dan muntah benar-benar Ibu rasakan selama kurang lebih empat bulan pertama. Bahkan, hal ini menyebabkan berat badan Ibu yang seharusnya naik malah turun sebanyak 2 kg di saat usiamu 11 minggu, namun Alhamdulillah, kondisimu sehat dan berat badanmu masih normal. Tapi,dokter berpesan bahwa berat badan Ibu tidak boleh turun lagi, akhirnya dengan bantuan dan pengawasan ketat dari Abimu, Ibu pun berusaha keras untuk bisa menaikkan kembali berat badan Ibu.

Anakku sayang, setiap tiba waktunya untuk kontrol ke dokter, Ibu pasti merasa waswas dan penasaran, apakah kondisimu baik-baik saja? apakah nutrisimu cukup?. Namun, dibalik rasa khawatir itu, Ibu merasa sangat senang karena akan bertemu denganmu,nak. Rasanya pertemuan singkat ini benar-benar menjadi obat atas segala ketidaknyamanan yang Ibu rasakan kemarin. Kondisi yang cukup rawan di trimester pertama benar-benar membuat Ibu sangat berhati-hati dalam segala hal termasuk mengurangi perjalanan jauh. Selain untuk menghindari kelelahan selama perjalanan, kini Ibu mudah sekali merasakan mabuk perjalanan walaupun jaraknya hanya di dalam kota. Setiap merasakan sedikit kram pada perut, Ibu akan langsung beristirahat dan mengkhawatirkan kondisimu. Ibu hanya bisa berdoa semoga Allah menjagamu dan kondisi kita akan selalu sehat sampai masa persalinan nanti. Mengingat kondisi sakit (parotitis) yang pernah Ibu rasakan di kehamilan pertama dulu, kini Ibu juga semakin berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Namun ternyata di trimester pertama ini, Ibu mengalami kaligata ( gatal dan bentol di seluruh badan). Awalnya Ibu mencoba untuk tidak meminum obat dan bertahan dengan rasa gatal ini, tapi sampai malam, bentol-bentol ini malah semakin banyak dan mengganggu. Akhirnya, Abimu pun meyakinkan Ibu untuk meminum obat alergi yang aman bagi ibu hamil. Bismillah, dengan sedikit perasaan khawatir, Ibu pun meminum obat alergi itu dan Alhamdulillah, dirimu tetap baik-baik saja.

Beberapa orang mengatakan bahwa trimester kedua adalah trimester yang paling nyaman dan indah. Ya, itu memang benar, nak. Walaupun mual dan muntah itu masih ada dan berat badan Ibu masih sulit bertambah, Ibu merasakan sebuah kebahagiaan baru, yaitu tendangan-tendangan mungilmu dari dalam perut Ibu. Lucu sekali rasanya merasakan gerakan aktifmu dalam perut Ibu yang terkadang lebih sering aktif sesaat setelah Ibu makan atau saat kamu mendengarkan ayat suci Al-Qur'an. Sungguh luarbiasa rasanya, menyadari bahwa ada seorang makhluk hidup yang sedang bertumbuh dan berkembang di dalam tubuh Ibu. Terima kasih nak, kehadiranmu benar-benar membuat Ibu semakin menyadari betapa besarnya kuasa Allah. 

Memasuki bulan kelima, Alhamdulillah nafsu makan Ibu bisa kembali normal karena mual dan muntah yang semakin berkurang. Gerakanmu yang semakin aktif dan beragam di bulan ini benar-benar menjadi penambah kebahagiaan Ibu setiap harinya. Kamu selalu menenangkan Ibu dengan gerakan mungilmu itu saat Ibu sedang cemas atau merasa sepi dan itulah yang akhirnya membuat Ibu semakin berhati-hati dalam mengatur mood swing selama kehamilan ini, karena Ibu tidak ingin kamu ikut merasa tidak nyaman. Kondisi Ibu pun semakin fit sehingga Ibu bisa beraktivitas normal kembali termasuk melakukan perjalanan jauh ke luar kota dan menemani Abimu dalam beberapa aktivitasnya. Namun, karena perut yang mulai besar, kini Ibu mulai merasakan sedikit kelelahan saat menaiki tangga. Tapi, itu semua tidak menjadi masalah nak. Ibu sangat menikmati trimester kedua ini. Di minggu ke 20, dokter memberitahu Ibu mengenai jenis kelaminmu. Ya, insya Allah kamu akan menjadi seorang anak laki-laki yang sholeh. Itulah doa yang langsung terucap dari mulut Ibu dan Abimu setelah mendengar kabar itu. Semoga Allah perkenankan doa kami berdua , Aamiin.

Anakku tercinta, di bulan ke enam, perut Ibu yang semakin membesar sudah mulai membuat Ibu harus mengubah posisi tidur dan sesekali merasa sesak di saat posisimu sedikit menekan diafragma. Ibu bersyukur karena itu berarti kamu bertumbuh dengan sehat. Bahkan, perut yang semakin besar ini terkadang juga membuat Ibu sedikit kesulitan saat harus melakukan pekerjaan sebagai dokter gigi. Lucunya, di saat Ibu sedang menangani pasien dengan waktu perawatan yang cukup lama, terkadang kamu menendang-nendang dengan keras seakan mengajak Ibu untuk segera menyelesaikan perawatan itu lalu segera pulang beristirahat. Kamu memang semakin aktif, nak. Bahkan, terkadang di malam hari, saat Ibu ingin beristirahat, kamu malah aktif bergerak di dalam perut Ibu. Kalau sudah begitu, biasanya Abimu akan mengelus perut Ibu dan mengajakmu untuk beristirahat. Dan setelah itu, kamu pun akan kembali tenang. Ya, sepertinya sejak dalam kandungan, kamu sudah kompak dengan Abimu.

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga kita di trimester tiga. Ini adalah fase terakhir dari kehamilan Ibu. Kondisi di trimester tiga ini sedikit mirip dengan trimester pertama. Kondisi Ibu mulai mudah lelah karena perut yang semakin besar dan ternyata Ibu kembali mengalami mual dan muntah. Namun, Alhamdulillah, keluhan-keluhan itu selalu bisa Ibu atasi. Di bulan ke tujuh, Ibu mulai merasakan gerakanmu yang sedikit berbeda. Gerakanmu terasa lebih teratur selama beberapa menit, seperti orang yang sedang cegukan. Ternyata kamu memang mengalami cegukan di dalam rahim Ibu karena katanya kamu sedang melatih organ pernafasanmu. Terkadang, di saat cegukanmu terasa lama dan sering, Ibu sering merasa kasihan, kamu pasti lelah. Tapi, apa yang bisa Ibu lakukan selain mengelus perut sambil mengajakmu berbicara. Gerakanmu juga semakin beragam,nak. Mungkin karena ukuran tubuhmu yang semakin besar, kini kamu lebih sering menggeliat di dalam perut Ibu. Terkadang, gerakanmu itu begitu terlihat dari permukaan perut Ibu, seperti bergelombang. Tidak jarang pula, sikutan atau gerakan menggeliatmu menekan kantung kemih Ibu sehingga Ibu langsung ingin buang air kecil. Namun, semakin aktif gerakanmu, semakin tenang perasaan Ibu, karena itu berarti kamu sehat-sehat saja di dalam rahim Ibu, sayang. Saat kontrol ke dokter kandungan, ternyata posisi kepalamu masih di atas, sedangkan seharusnya kepalamu sudah berada di bawah sehingga memudahkan proses persalinan secara normal nanti. Ibu sempat merasa khawatir tidak bisa melahirkan dengan normal karena posisi sungsangmu itu, tapi dokter kandungan memberitahu Ibu bahwa posisimu masih bisa berubah dengan beberapa cara. Bismillah, semoga kepalamu bisa berputar lagi ke bawah ya sayang, semangat!

Waktu terus berjalan dan sekarang kita sudah memasuki bulan ke delapan. Kini, perut Ibu semakin membesar,begitu pun dengan ukuran tubuhmu. Alhamdulillah, kamu terus bertumbuh sesuai usiamu dan posisi kepalamu pun sudah berada di bawah. Kamu memang pintar!  Besarnya perut Ibu kini mulai membuat pinggang dan punggung Ibu sering terasa sakit dan pegal. Setiap akan mengubah posisi dari duduk ke berdiri, atau dari tidur ke duduk pun, kini mulai terasa sulit dan melelahkan. Ternyata, inilah yang disebut kelemahan yang bertambah-tambah, seperti yang telah Allah firmankan dalam Al-Qur'an. Ukuranmu yang semakin besar pun kadang menekan beberapa titik di perut Ibu sehingga terasa cukup sakit. Kalau sudah begitu, biasanya Ibu akan mengelus perut dan memintamu untuk mengubah posisimu sehingga rasa sakit itu hilang. Alhamdulilllah, kamu selalu bisa memahami permintaan Ibu. Terima kasih anakku sayang.

Beberapa saat lagi, kita akan bertemu secara langsung , putraku tercinta. Di bulan ke sembilan, pinggang, punggung, dan pinggul Ibu terasa semakin mudah sekali pegal dan sakit. Sepertinya karena beban yang Ibu bawa semakin berat. Alhamdulillah, dengan sabarnya, Abimu sering membantu memijat punggung dan pinggang Ibu untuk sedikit mengurangi rasa sakit dan pegal itu. Di bulan ini, kamu memang sedang dalam tahap penggemukan diri, sehingga kini Ibu semakin mudah lapar. Beberapa kali, Ibu juga merasakan perut Ibu terasa sangat kencang dan ada sedikit rasa mulas, katanya itu adalah kontraksi palsu yang akan menjadi sarana Ibu untuk melatih diri menghadapi kontraksi yang sebenarnya saat melahirkan nanti.

Anakku sayang, tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa Ibu akan berada di kondisi seperti saat ini, mengandungmu selama hampir sembilan bulan, dan memiliki perut yang begitu besar. Ini benar-benar menjadi pengalaman dan kenangan yang luarbiasa untuk Ibu dan Abimu, nak. Kini, Ibu dan Abimu tinggal menunggu waktu kontraksi ritmis itu datang sambil mempersiapkan segala sesuatunya untuk hari pertemuan kita nanti. Semoga nanti kamu lahir dengan sehat, berat badan yang cukup dan tentunya Ibu berharap, proses persalinan nanti akan lancar dan mudah untuk kita berdua ya nak, aamiin. Doakan Ibu agar nanti stamina Ibu kuat dalam menghadapi semua proses persalinan itu ya nak, sampai jumpa beberapa waktu lagi, anak Ibu yang tercinta. Ibu dan Abi sangat mencintaimu.

Bandung, 6 Desember 2014 (minggu ke 37)
Your lovely mom

Tidak ada komentar: